IDENTITAS

**

SILABUS AQIDAH

Rabu, 20 Oktober 2010

S  I  L  A  B  U  S

Nama Madrasah                   : Madrasah Aliyah
Mata Pelajartan                    : Aqidah Akhlaq
Kelas / Semester                     : X / Genap
Standar Kompetensi             : Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui sifat-sifatNya dalam asma’ul husna

No
KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR PENCAPAIAN
PENILAIAN
Alokasi Waktu (menit)
Sumber Bahan / Alat

1
2
3
4
5
6
7
5.1
Menguraikan 10 asmaul husna (almuqsyid, al warits, an nafi’, al bashith, al  hafidz, al waliy, al waduud, ar rafi’, al mu’is dan alafwuw)
10 asmaul husna (almuqsyid, al warits, an nafi’, al bashith, al  hafidz, al waliy, al waduud, ar rafi’, al mu’is dan alafwuw)
·   Menjelaskan pengertian 10 asmaul husna (almuqsyid, al warits, an nafi’, al bashith, al  hafidz, al waliy, al waduud, ar rafi’, al mu’is dan alafwuw)
·   Mendiakusikan10 asmaul husna(almuqsyid, al warits, an nafi’, al bashith, al  hafidz, al waliy, al waduud, ar rafi’, al mu’is dan alafwuw)
1.      Mengartikan 10 asmaul husna (almuqsyid, al warits, an nafi’, al bashith, al  hafidz, al waliy, al waduud, ar rafi’, al mu’is dan alafwuw)
2.      Menjelaskan 10 asmaul husna (almuqsyid, al warits, an nafi’, al bashith, al  hafidz, al waliy, al waduud, ar rafi’, al mu’is dan alafwuw)
Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes
2 jam
Sumber :
Buku Aqidah Akhlak yang relevan
Bahan:
Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat :
1. White Board dan spidol
2. Kertas


5.2
Menunjukkan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran melalui sifat Allah dalam 10 Asmaul Husna (Al-Muqsith, Al-Warits, An-Naafi’, Al-Baasith, Al-Hafiidz, Al-Waliy, Al-Waduud, Ar-Roofi’, Al-Mu’iz dan Al-Afuww
Bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat Allah dalam 10 asmaul husna
§ Mendiskusikan dalil naqli tentang 10 asmaul husna (almuqsyid, al warits, an nafi’, al bashith, al  hafidz, al waliy, al waduud, ar rafi’, al mu’is dan alafwuw)
§ Menjelaskan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui 10 asmaul husna (almuqsyid, al warits, an nafi’, al bashith, al  hafidz, al waliy, al waduud, ar rafi’, al mu’is dan alafwuw)
1.      Menganalisis dalil naqli tentang 10 asmaul husna (almuqsyid, al warits, an nafi’, al bashith, al  hafidz, al waliy, al waduud, ar rafi’, al mu’is dan alafwuw)
2.      Mengidentifikasi bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui 10 asmaul husna (almuqsyid, al warits, an nafi’, al bashith, al  hafidz, al waliy, al waduud, ar rafi’, al mu’is dan alafwuw)
Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes
2 jam
5.3
Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan 10 al-Asma al-Husna (Al-‘Aziz, Al-Ghaffar, Al-Baasith, An-Naafi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum) dalam kehidupan sehari-hari
Prilaku-prilaku orang yang mengamalkan 10 asmaul husna (Al-‘Aziz, Al-Ghaffar, Al-Baasith, An-Naafi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)












·   Memeragakan contoh prilaku terpuji melalui 10 asmaul husna (Al-‘Aziz, Al-Ghaffar, Al-Baasith, An-Naafi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
·   Mendiskusikan hikmah orang yang memiliki sikap terpuji (Al-‘Aziz, Al-Ghaffar, Al-Baasith, An-Naafi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
1.      Memberi contoh prilaku terpuji melalui 10 asmaul husna (Al-‘Aziz, Al-Ghaffar, Al-Baasith, An-Naafi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
2.      Menunjukkan hikmah orang yang memiliki sikap terpuji melalui 10 asmaul husna (Al-‘Aziz, Al-Ghaffar, Al-Baasith, An-Naafi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes
4 Jam

5.4
Meneladani sifat-sifat Allah yang terkandung dalam 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Ghaffar, Al-Baasith, An-Naafi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum) dalam kehidupan sehari-hari
Teladan bagi orang yang mengamalkan sifat Allah dalam 10 asmaul husna (Al-‘Aziz, Al-Ghaffar, Al-Baasith, An-Naafi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
·   Menjelaskan katagori orang yang termasuk berprilaku terpuji melalui 10 asmaul husna (Al-‘Aziz, Al-Ghaffar, Al-Baasith, An-Naafi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
·   Mendiskusikan akibat dari tidak dilaksanakanya prilaku terpuji dalam 10 asmaul husna (Al-‘Aziz, Al-Ghaffar, Al-Baasith, An-Naafi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
1.      Menyebutkan katagori orang yang termasuk berprilaku terpuji melalui 10 asmaul husna (Al-‘Aziz, Al-Ghaffar, Al-Baasith, An-Naafi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
2.      Menunjukkan akibat dari tidak dilaksanakanya prilaku terpuji dalam 10 asmaul (Al-‘Aziz, Al-Ghaffar, Al-Baasith, An-Naafi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes






2 Jam


Mengetahui

Guru Pamong
Mapel Aqidah Akhlak



Moh.Sulaiman S.Pd. I.
NIP : 19800104 200501 1 003
Mahasiswa Praktikan
(PPL)



Nasuha
NIM : 0623 20721

0 komentar:

Poskan Komentar